Home » » Hal yang Harus Ditingkatkan Saat Ramadhan

Hal yang Harus Ditingkatkan Saat Ramadhan

Bulan Ramadhan adalah saat yang tepat untuk memperbaiki diri. Di bulan-bulan untuk memperbaiki kebiasan jelek dan meng-upgrade diri, pasti rasanya males banget dan terus-terusan ditunda. Kalau udah masuk bulan Ramadhan, baru deh nggak menyia-nyiakan waktu. Soalnya sayang banget gitu kalau Ramadhan yang cuma sebulan harus disia-siakan. Nah, yang namanya upgrade kualitas diri, tentunya dibarengin sama beberapa peningkatan nih. Contoh hal-hal yang harus ditingkatin adalah...

1. Ibadah
Ini udah pasti lah ya. Kalau tadinya ibadahnya masih males-malesan dan bolong-bolong, kalau bisa makin rajin deh mulai sekarang. Yang biasanya solat di rumah, sekarang solatnya di mesjid. Kalau perlu sebelum adzan udah stand by di mesjid atau musholla deket rumah. Terus rapihin dulu. Terus cek keadaan sekitar, air buat wudhunya masih banyak nggak suplainya. Terus sekalian samperin pak ustadz yang bakal jadi imam solat. Sekalian pak ustadznya digandeng sampai ke musholla, biar akrab.


2. Amal
Selain ibadah, amal juga wajib banget ditingkatkan saat Ramadhan. Amalnya bisa berupa harta benda, bisa juga dalam bentuk lain kayak nyumbang tenaga untuk bantu orang lain. Selama puasa kan uang jajannya awet tuh. Setelah disisihkan untuk ongkos ke sekolah atau kampus dan untuk beli makanan untuk berbuka, bisa tuh buat ngasih orang-orang yang lebih membutuhkan yang kamu temui di jalan. Terus kalau bisa setelah beramal, nggak usah pamerin ke orang-orang. Cukup kamu dan Yang Maha Kuasa aja yang tahu. :)


Yaaa tapi nggak cuma senyum terus sih sedekahnya...

3. Kesabaran
Buat yang udah biasa puasa, makanan dan minuman bukanlah godaan terbesar. Yang jadi godaan terbesar justru adalah menjaga kesabaran dan menjaga kepala tetep dingin. Soalnya pasti adaaa aja yang bikin kesel dan bikin tergoda untuk marah. Wajar. Tapi sebelum kamu marah-marah kayak Hulk, coba tenangkan pikiran. Pergi ke tempat yang lebih tenang. Misalnya ke taman atau duduk di bawah pohon rindang, jangan pergi ke warteg. Setelah udah lebih tenang, baru kamu pikirin hal yang tadi bikin kamu kesel. Pasti rasa keselnya udah berkurang. Kalau kamu harus menghadapi hal atau orang yang tadi bikin kesel, kamu juga bakalan lebih tenang jadinya. Inget, pahala puasa kamu di hari itu bakal berkurang kalau kamu marah-marah. Yang ada malah cuma ngerasa lapar dan haus aja, tapi dapet pahalanya dikit.

Terus kalau biasanya ngatain temen yang jelek-jelek, coba kali ini ngatainnya dengan lebih positif. Kalau biasanya tujuannya untuk bikin mereka malu atau buat ketawa-ketawa aja, sekarang tujuannya biar mereka termotivasi. Misalnya nih... “Dasar calon pacarnya Emma Stone! Mandi dulu sana, baru ngegebet artis Hollywood!”

Buang napasnya jangan pake api tapi, ya...

4. Nutrisi
Walaupun puasa, jangan lupain asupan nutrisi yang dibutuhkan sama tubuh kamu. Pastiin kamu minum air putih dalam jumlah yang cukup. Terus lauknya jangan yang kering-kering aja, pakai sayur juga. Kalau nggak suka sayur (hellaaaw, hari gini nggak suka sayur?), bisa perbanyak makan buah-buahan, terus minum susu, dan kalau perlu minum juga vitamin atau suplemen. Oh iya, walaupun buka puasa identik sama yang ‘manis-manis’ kamu harus jaga juga nih, asupan makanan manisnya. Jangan kebanyakan. Bisa-bisa nanti gula darah kamu naik. Atau nanti malah makin gemuk pas Lebaran. Nggak mau, kan?

Buat anak kos yang bisa melalui Ramadhan di rumah, ini juga jadi ajang perbaikan gizi yang sempurna. Banyak-banyak deh tuh makan masakan Mama selagi bisa sebelum balik lagi ke kosan.


5. Kegiatan bermanfaat
Yang ini juga wajib nih. Yang udah punya kegiatan tetap kayak belajar atau kerja sih enak. Paling kalau ada waktu luang bisa dipakai buat browsing resep masakan untuk sahur atau berbuka keesokan harinya. Atau baca novel atau tidur siang. Nah, gimana kalau yang kebetulan lagi nganggur karena libur sekolah? Nggak mungkin kan tidur siang seharian?


Selain untuk memperbanyak ibadah, kamu bisa manfaatin waktu luang kamu untuk hobi. Waktu kegiatan sekolah masih berlangsung pasti waktu luang kamu sedikit, kan? Ini jadi saat yang tepat untuk melakukan hobi kamu. Kecuali kalau kamu hobi ngadu ayam, judi bola, atau adu domba antar warga, ya. Kalau hobinya udah dilakuin tapi ternyata waktu luangnya masih banyak, ada baiknya kamu bantu orang di sekitar lingkungan kamu, nih. Misalnya siang-siang kamu ngeliat tukang sampah, ya bantuin bersih-bersih. Kalau ngeliat tukang sayur keliling, ya bantuin jualan, bawain gerobaknya. Kalau ngeliat tukang bakso, ya bantuin abisin dagangannya... eh nggak dong. Kan lagi puasa... Gitu.

Itu tadi 5 hal yang harus kamu tingkatkan saat Ramadhan. Ada lagi yang punya saran hal lain yang harus ditingkatkan? Monggo komen ya... (MN/Dyah)
Share this article :

0 comments:

Post a Comment

 
Support : FACEBOOK | TWITTER | INSTAGRAM
Copyright © 2008-2016. DMY OFFICIAL - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by DMY OFFICIAL
Proudly powered by Blogger