Home » » Kelebihan dan Kekurangan Menjadi Anak Kost

Kelebihan dan Kekurangan Menjadi Anak Kost

Siswa SMA baru aja pada lulus-lulusan, itu artinya mereka akan memasuki dunia baru yang masih asing dan harus beradaptasi. Mulai dari kebiasaan, lingkungan, sampai teman. Nggak jarang juga ada yang harus pisah sama keluarga karena dapet kampus di luar kota, ini nih yang biasanya bikin galau. Kalo nggak pergi, sayang banget karena dapet kampus inceran. Kalo pergi, kebayang tinggal sendiri di daerah baru dan dengan rutinitas baru juga. Galaunya ngelebihin galau milih antara gebetan yang cakep tapi pelit atau yang jelek tapi royal.
            Buat yang udah memutuskan untuk kuliah di kampus inceran walau harus tinggal di luar kota, pilihannya pasti ngekost atau (kalo ada) numpang di rumah saudara/kerabat. Kebanyakan sih milih ngekost ya. Nah, buat kamu yang lagi galau karena dapet kampus di luar kota, berikut ini adalah kelebihan dan kekurangan jika kamu menjadi seorang anak kost:
Kelebihan:
1.    Mandiri
Jadi anak kos berarti hidup sendiri, ngurus apa-apa sendiri. Buat kamu yang manja, ngekost bisa bikin kamu lebih mandiri. Nyari makan sendiri, beresin kosan sendiri, tidur sendiri, mandi sendiri. Apalagi pas bulan puasa, mesti nyari sahur dan buka puasa sendiri. Intinya, kamu akan belajar untuk nggak bergantung sama orang lain.

2.    Belajar manajemen
Namanya mahasiswa, duit masih dikirim sama orang tua. Nah, ini bikin kamu belajar ngatur uang juga, berapa yang harus dikeluarin buat bayar kosan, berapa buat makan, berapa buat jajan, berapa buat nraktir gebetan. Kalo nggak pinter-pinter ngatur uang, hidup kamu bisa berantakan. Ngekos juga ngajarin untuk ngatur waktu, karena nggak ada orang tua yang biasa ngingetin kamu untuk pulang, tidur, dan lain-lain.

3.    Lebih bertanggungjawab
Duit kiriman yang datang cuma sebulan sekali bikin anak kost jadi lebih bertanggungjawab, nggak sembarangan boros ngeluarin uang. Selain itu, anak kost juga dituntut untuk menjaga diri dan kepercayaan dari orang tua. Pokoknya ngekost tuh ngajarin kamu buat jadi seseorang yang lebih bertanggungjawab dari sebelumnya.

4.    Bebas
Ini nih yang biasanya ditunggu-tunggu sama anak kost newbie, bebasnya! Bebas pulang malem, bebas main kapan aja, bebas mau tidur atau nggak mandi. Yang penting, kebebasan jangan sampe kebablasan. Kalo kata stiker di angkot-angkot sih, “bebas tapi sopan.”

5.    Bisa bawa temen banyak
Kosan mahasiswa biasanya rame banget, soalnya banyak temen-temen yang bakal dateng, sekedar numpang tidur atau ngegame bareng. Bisa juga colongan bawa pacar, siapa tau pengen belajar cara nyetek pohon mangga bersama.
Kekurangan:
1.    Kere
Bukan anak kos namanya kalo nggak kere, secara duit dateng cuma sebulan sekali. Nggak jarang akhirnya banyak yang kuliah sambil kerja, biar ada duit tambahan. Belom lagi harus nabung kalo punya pacar di kota asal, LDR berat. L

2.    Makan gak teratur
Akhir bulan biasanya jadi masa-masa penuh keprihatinan. Makan cuman nasi pake tempe orek atau balado telor juga udah bagus, apesnya ya mie instan. Makanya, jadi anak kost harus pinter-pinter nyari celah buat makan gratis!

3.    Gak ada yang ngurus
Hidup sebatang kara bagaikan Hatchi, pas sakit nggak ada yang ngurusin. Ini nih bagian paling nggak enak kalo jadi anak kos, masa masuk angin aja mesti kerokan sendiri, L

4.    Capek
Boro-boro ada yang bersihin kamar, buang sampah aja mesti dilakuin sendiri. Tinggal di kosan harus rajin nyapu, ngepel, nyikat kamar mandi, nyuci baju sendiri. Boro-boro mau ngelaundri, akhir bulan bisa makan aja sukur. L

5.    Kesepian
Enaknya ngekos itu bareng sama temen, selain ada yang diajak patungan bayar kosan, kamu juga nggak akan ngerasa kesepian. Pulang kuliah, masuk kosan, sendirian, sepi, ngobrol cuma bisa sama cicak atau jangkrik kebon. Jadi, sebagai anak kos sebaiknya hafal ayat kursi, takut kesurupan. L

Setiap pilihan pasti ada kekurangan dan kelebihannya kok, enak nggak enaknya ngekos kan tinggal gimana kamu ngejalaninnya aja. Kesempatan kuliah di universitas favorit itu nggak dateng dua kali, lho. Jadi, kalo kamu dapet kesempatan ya sebaiknya diambil aja. ;) (MN/Adelina)
Share this article :

0 comments:

Post a Comment

 
Support : FACEBOOK | TWITTER | INSTAGRAM
Copyright © 2008-2016. DMY OFFICIAL - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by DMY OFFICIAL
Proudly powered by Blogger