Home » » WISATA: Umbul Sidomukti Taman Renang Diatas Awan

WISATA: Umbul Sidomukti Taman Renang Diatas Awan

 
Hai Sahabat DMY waktunya weekend dan waktunya bagi-bagi informasi wisata seru yang bisa kalian kunjungi bareng keluarga dan sahabat. Kali ini Sahabat DMY masih akan diajak  jalan-jalan di Kabupaten Semarang bersama 2nd Runner Up Mas Duta Wisata Kabupaten Semarang 2014.
Nah, kemarin Hendy DMY sudah ngajak kalian naik perahu di  Rawa Pening kan [Baca: Pesona Rawa Pening] kira-kira sekarang kita mau diajak kemana ya? Ya udah yuk kita ikutin traveling Hendy DMY kali ini.

Sumber: Instagram/Monsterndhy
Hamparan sengkedan, sungai kecil, air terjun, dan hutan pinus, begitu memesona. Jauh di seberang sana terlihat Gunung Ungaran, Gunung Merbabu dan Bukit Kembar Cimanggal. Sebuah harmoni alam nan menawan. Itulah yang dilihat Hendy DMY pada saat tiba di  Daya Tarik Wisata (DTW) Umbul Sidomukti.

Intip petanya dulu nih!



Umbul Sidomukti adalah sebuah objek wisata alam yang berada di Desa Sidomukti, Kecamatan Bandungan, Kabupaten Semarang. Daya Tarik Wisata ini dibuka pada 2 Agustus 2007 dibangun dengan desain kolam tradisional, bergaya minimalis. Dinding kolam disusun dari tumpukan batu alam. Di tamannya banyak tempat duduk berundak model panggung terbuka sehingga pandangan bebas ke segala penjuru. Dengan lokasi pada ketinggian 1031 dpl, Umbul Sidomukti di sebut-sebut sebagai kolam renang alami tertinggi di Indonesia.
Rasakan sensasi kesegaran air Umbul Sidomukti.

Ketika memasuki DTW Umbul Sidomukti kita akan diminta membayar parkir Rp.2.000,- kemudian jika ingin ke kolam renang kita akan dikenakan biaya Rp.8.000,- per orang.
Dan masih ada tarif lainnya jika kalian ingin mencoba Flying Fox, marine bridge, rapeling menuruni lembah, ATV dan lainnya.


"Jujur ini baru pertama kali aku kesini [kolam renang red] kalau di Kedai Kopi nya aku dua kali ini." ujar cowok kelahiran 3 januari ini.
Air di kolam renang alam Umbul Sidomukti tergolong unik. Lokasinya berada di lereng Gunung Ungaran, persis di tepi jurang dan lembah. Air umbul yang mengalir deras menjadi sumber air utama untuk taman renang alami Umbul Sidomukti. Limpahan air tersebut meluber ke kolam di bawahnya dan mengairi kebun dan sawah-sawah.

Taman renang umbul alam Umbul Sidomukti terletak di lereng gunung ungaran dengan ketinggian 1200 dpl, diapit jurang dikedua sisinya. Umbul sidomukti merupakan pemandian tertinggi di jawa tengah, terletak di ketinggian 1100 dpl. Air yang memancar tinggi, itulah yang namanya umbul. Mata air yang mengalir di pemadian umbul sidomukti berasal dari tuk (mata air) ngetihan dan tuk watu payung. Ketinggian pancaran umbul, bisa mencapai 2-3 meter.
Umbul sidomukti tampak dramatis, seolah telah lama hadir di situ. Lereng gunung ungaran kaya akan mata air pegunungan yang mengalir sepanjang tahun, diantaranya Tuk ngetihan yang airnya menyegarkan jiwa dan raga hingga dipercaya dapat membuat awet muda.
Matahari terbit dari umbul sidomukti, sangat jelas dapat kita lihat. Merupakan salah satu bonus yang dapat kita nikmati bagi pengunjung yang menginap di umbul sidomukti.

 Tuk ngetihan memiliki “Umbul” yang dapat memancar keluar dari bawah tanah, karena terdapat perbedaan ketinggian antara sumber mata air dan titik keluarnya. Umbul tersebut merupakan sumber air dari kolam renang yang mengalir secara alami dari satu kolam ke kolam yang lainnya dan terakhir di tampung di bak-bak guna mengaliri area pertanian sekitarnya. Kolam senantiasa mendapatkan air baru dan air kembali diresapkan ke tanah.

Tidak ada setetespun air yang tidak termanfaatkan dan tidak ada satu metode pun yang dapat merusak lingkungan. Taman Renang Alam Umbul Sidomukti dirancang menjadi tempat wisata renang bernuansa pegunungan untuk kegembiraan keluarga.
Sayangnya Hendy DMY tidak mencoba menceburkan diri lantaran doi tidak membawa baju ganti, doipun memilih foto-foto dengan panorma yang begitu mempesona.
"Ini keren banget, kalian wajib mampir kalau lewat di Kabupaten Semarang." ajaknya. Hendy DMY merasa potensi wisata di Kabupaten Semarang wajib dikembangkan terus karena Kabupaten Semarang berada di lokasi yang strategis yaitu di kawasan penghubung Jogja- Semarang dan Solo-Semarang alias Joglosemar. Balik lagi di Umbul Sidomukti, di tempat ini kita bisa melihat betapa indahnya karya sang pencipta, sejuknya udara terasa begitu nikmat menghilangkan semua beban yang ada.
Eits, bagi Sahabat DMY yang ingin berkunjung pastikan kendaraan kalian sudah di cek kondisinya karena jalanan menuju tempat ini sangat menantang maklum letaknya di lereng gunung.

Selain ada kolam renang ditempat ini juga terdapat gazebo dan wahana permainan. Nah  setelah capek foto-foto rupanya Hendy DMY memilih beristirahat di gazebo.
Matahari semakin naik ke atas menunjukkan waktu makan siang telah tiba, cuaca begitu cerah hari ini kira-kira Hendy DMY bakalan ngajak makan dimana ya? Penasaran? Sabar ya di tahan dulu, jangan lupa selalu update berita di DMY-OFFICIAL karena minggu depan Hendy DMY bakal balik lagi untuk berbagi keseruan di DTW Umbul Sidomukti. (MN/Fan/Bs)
Share this article :

2 comments:

  1. Guru Renang Belajar Kursus Privat Semua Gaya Berenang Pelatih Renang Profesional Jakarta http://www.gururenang.com 081286606678, 081286608678

    Anda pengen mahir berenang? Siap melatih renang bagi siapapun untuk umur berapapun. Team Pelatih Renang Kami siap memberikan Les Privat Renang Di Kolam Renang Apartemen Jakarta Pusat, Apartemen Jakarta Barat, Apartemen Jakarta Timur, Apartemen Jakarta Utara, Apartemen Jakarta Selatan.

    Bagi Anda yang memiliki Anak, segera pastikan Anak Anda dapat berenang. Dengan renang akan membuat stamina Anak kuat dan pertumbuhan badan meningkat pesat. Serta tentu akan melatih kepercayaan tinggi. www.gururenang.com

    Untuk Anda yang sudah dewasa atau beranjak tua. Jangan takut, tidak ada kata terlambat. Dengan melatih olahraga renang, otot otot tidak akan kaku dan mencegah Syaraf kejepit. Saya siap melatih renang bagi siapapun Anda dengan ketentuan sbb:

    - Paket Renang 6x Pertemuan Untuk 1 Bulan Rp 1 Juta atau Rp 150rb Per Pertemuan Di Kolam Renang Jakarta.
    - Satu sesi belajar renang kurang lebih 1,5 Jam.
    - Pembayaran dibayar dimuka.
    - Biaya belum termasuk Tiket masuk ke kolam renang.
    - Terima Kursus Private Satu orang, atau Semi Privat lebih dari satu orang.
    - Siap untuk melatih renang dimanapun Anda berada di Jakarta.
    - Kolam Renang bisa Anda yang pilih, atau bisa juga tempat kolam renang berdasarkan masukan dari saya.
    - Jadwal belajar Renang bisa ditentukan berdasarkan kesepakatan dua belah pihak.
    - Siap melatih bagi Anda yang belum bisa renang sama sekali, atau bagi Anda yang bermaksud untuk memperlancar setiap gaya renang.
    - Siap melatih Renang Gaya Dada/Breaststroke Swim, Renang Gaya Bebas/Freestyle Swim, Renang Gaya Kupu Kupu/Butterfly Swim, Renang Gaya Punggung/Backstroke Swimming. Tergantung minat Anda.

    Ayo, segera hubungi HP/WA di 081286606678. Saya sebagai perenang yang telah menguasai renang dari umur 5 tahun sampai sekarang aktif di Kompetisi Renang umur Senior, siap melatih Anda untuk dapat percaya diri berlatih olahraga renang. http://www.gururenang.com
    GuruRenang.Com siap juga menerima Kursus Belajar Renang untuk Pelajar Sekolah SD, SMP, SMU secara kelompok yang dapat dikerjasamakan dengan seluruh Sekolah baik Negeri/Swasta di Jakarta Barat, Jakarta Selatan, Jakarta Utara, Jakarta Pusat, Jakarta Timur.
    Team Guru Renang siap memberikan Les Privat Kursus Renang dengan Pelatih Renang/Swim Coach Pria Wanita berpengalaman untuk di Kolam Renang Umum Jakarta seperti di Kolam Renang Jakarta Pusat, Kolam Renang Jakarta Barat,Kolam Renang Jakarta Selatan, Kolam Renang Jakarta Timur,Kolam Renang Jakarta Utara.

    ReplyDelete
  2. Boleh tau biaya tiket masuk berapa? Biaya masuk kolam renang berapa? Mohon pencerahan

    ReplyDelete

 
Support : FACEBOOK | TWITTER | INSTAGRAM
Copyright © 2008-2016. DMY OFFICIAL - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by DMY OFFICIAL
Proudly powered by Blogger