Home » » Yang Harus Kamu Tahu Tentang Android Lollipop

Yang Harus Kamu Tahu Tentang Android Lollipop

 
Smartphone yang kamu sering usap-usap itu teknologi yang menakjubkan. Setiap hari dipelototin, diketawain, terus kalo lagi kesel malah sering dibanting. Marah pun nggak dia. Karena smartphone itu anaknya ikhlas, nggak kayak cabe-cabean yang baru naksir doang udah bilang di-PHP-in.

Semakin sering digunakan dan semakin tinggi volume penjualan, produsen telepon pintar semakin memanjakan penggunanya. Baik dari sisi hardware, software, maupun keduanya, semua demi memuaskan pengguna, dari penggunaan yang penting seperti untuk pekerjaan, hingga yang paling penting, yaitu aktivitas stalking calon pacar. Dan kini, Om Google yang awalnya adalah raksasa mesin pencari di internet akan mengeluarkan sistem operasi terbarunya yang berkode sandi Lollipop, buat nerusin sistem operasi sebelumnya, KitKat. Apa aja sih fitur-fitur barunya? Yok kita kemon bahas satu persatu.

 

1. Tap and Go
Pasti pernah dong ngalamin ribetnya pindahin data dan setting dari hape lama ke hape baru? Nah, dengan fitur ini, kalian dengan mudah memindahkan berbagai detail yang ada ke device kalian yang baru via koneksi NFC. Nggak, nggak bisa mindahin perasaan yang dulu pernah ada.

2. OK Google
Fitur yang pertama kali disematkan di hape Motorola ini memudahkan untuk mengaktifkan kembali hape, meski dalam kondisi standby, hanya dengan hot word “OK Google”. Canggih. Jadi ketika kalian lagi bikin adonan kue atau gali sumur bisa bilang “OK Google”, dan hape kalian bisa diperintah untuk melakukan panggilan, buka aplikasi, atau membuat reminder.

3. Tap to Wake
Mirip dengan OK Google di atas, sekarang (di device yang sudah support) bisa membangunkan hape tanpa memencet tombol power. Cukup tap 2 kali, dan hape langsung bangun dari tidurnya.


4. Ambient Display
Ketika dalam kondisi standby, android Lollipop menampilkan potongan informasi dengan warna hitam putih tanpa harus menghidupkan device seluruhnya. Cocok buat yang dikit-dikit ngecek hape. Nggak cocok buat yang punya hape tapi nggak ada yang ngehubungin.

5. Lock Screen Notifications
Fitur yang makin kesini makin disempurnakan dan memudahkan para pengguna adalah notification center. Dan di android Lollipop kini semua informasi yang ada di notification center tayang di lock screen. Jadi nggak repot-repot lagi untuk ngecek apa-apa saja yang ketinggalan tanpa harus membuka lock screen.


6. Priority Mode
Ketika nggak pengen diganggu atau misalnya lagi nonton di bioskop, fitur priority ini bisa di set untuk hanya menampilkan notifikasi apa saja yang boleh mampir di device kita. Lainnya akan didiamkan. Enaknya, kita bisa set di waktu kapan dan untuk berapa lama.

7. Guest Mode, Pinned Apps, dan Multiple user
Pernah dong merasa sebel ketika temen pinjem hape eh malah baca-baca WhatsApp atau buka-buka galeri, dan bajak Twitter padahal ngomongnya cuma mau numpang selfie aja? Tenang! di Lollipop kalian bisa memberikan mereka yang iseng guest mode ataupun pinned apps. Jadi mereka nggak bakal bisa liat foto pribadi kamu yang selfie di kamar mandi sambil gigit sikat WC itu.

8. Quick Setting yang diperbarui
Quick Setting menu kini didesain ulang dan memiliki animasi baru ketika user mengatur tingkat keterangan cahaya.


9. Overview
Multitasking kini memiliki nama baru, yaitu Overview. Nggak cuma nama aja yang baru, Tampilan dan user experience di sini diperbaiki dan lebih indah dilihat.


10. Material Design
Entri terakhir adalah visual dan technical guideline yang dikembangkan Google yang merupakan benang merah dari semua yang udah dibahas di atas. Boleh dibilang, android Lollipop ya material design, dan sebaliknya. Biar nggak bingung, material design adalah flat design versi Google. Di sini kita bisa rasakan dalam penggunaan secara intuitif, layer-layer, animasi-animasi, dan menu-menu yang semakin mudah namun semakin lengkap. Material design adalah lompatan yang cukup jauh dari Kitkat. Dan Google sudah lama sekali tidak melakukan hal ini (terakhir yang lumayan berasa itu perbedaan dari Ginger Bread ke HoneyComb/Jelly Bean).


Update-an Lollipop ini cuma bisa dinikmati pengguna android minimal keluaran 2012. Tentu dengan syarat hardware yang mencukupi. (MN/Jodi Baskoro/sumber: The Verge, Gizmodo, dan Google)
Share this article :

0 comments:

Post a Comment

 
Support : FACEBOOK | TWITTER | INSTAGRAM
Copyright © 2008-2016. DMY OFFICIAL - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by DMY OFFICIAL
Proudly powered by Blogger