Home » » Hendy Prabowo: Raih Juara Kelompok Terbaik Duta HIV & AIDS DIY 2016

Hendy Prabowo: Raih Juara Kelompok Terbaik Duta HIV & AIDS DIY 2016

Berawal dari keinginannya menghilangkan stigma dan diskriminasi dimasyarakat terhadap Orang Dengan HIV & AIDS (ODHA) mahasiswa kelahiran Kabupaten Semarang, 3 Januari 1993 ini mengikuti Pemilihan Duta HIV & AIDS Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) 2016 yang diselenggarakkan oleh Yayasan Victory Plus Yogyakarta. Victory Plus merupakan yayasan yang bergerak memberikan dukungan langsung terhadap orang yang terdampak dengan HIV & AIDS.
Hendy Prabowo Utomo atau kerap disapa Hendy mengawali debutnya dengan menjadi Juara harapan 3 Putra Batik Lopait 2008. Hendy bahkan tidak menyangka akan masuk 30 besar Finalis Duta HIV & AIDS DIY 2016 dari ratusan peserta yang mendaftar. Sebelum karantina berlangsung Mahasiswa yang pernah menjadi Juara 1 Aksi gaya Trend New Year in Model 2009 dan Juara 1 Duta Socmed Harian Jogja 2016 ini harus menjalankan kegiatan Sociopreneur. Sociopreneur merupakan kegiatan entrepreneur yang tidak hanya mengejar keuntungan semata namun mampu menciptakan social-immpact yaitu meningkatkan taraf hidup masyarakat kelas menengah kebawah.
Kegiatan Sociopreneur tersebut dilakukan bersama kelompoknya dengan berjualan bunga, gelang, mug dan melakukan jasa pengukuran tensi serta Indeks Masa tubuh (IMT) selama dua minggu yang kemudian 100% hasilnya digunakann untuk melakukan kegiatan sosial dengan komunitas pekerja seks, Arum Dalu Sehat (ADS) di kawasan Pasar Kembang Yogyakarta. Kegiatan tersebut berupa sosialisasi tentang kebersihan dan gizi seimbang serta pelatihan keterampilan membuat gelang dan sabun cuci piring.
Akhirnya predikat juara Kelompok Terbaik Duta HIV & AIDS DIY 2016 diraih Hendy mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Terbuka Yogyakarta bersama kelompoknya pada Malam Penobatan Duta HIV & AIDS DIY 2016 yang digelar bertepatan dengan hari AIDS Sedunia, Kamis (1/12) di Lippo Mall Yogyakarta. Mahasiswa yang pernah menjadi Juara 3 Mas Duta Wisata Kabupaten Semarang 2014 ini berharap masyarakat lebih peduli terhadap HIV/AIDS dengan memahami virus tersebut bukan menjauhi orang-orangnya karena HIV/AIDS tidak mudah untuk ditularan. Tak hanya itu Hendy juga berharap masyarakat tidak lagi memberikan stigma atau diskriminasi terhadap ODHA namun memberikan dukungan untuk memiliki kualitas hidup yang lebih baik.  (MN/Tm/*)
Share this article :

0 comments:

Post a Comment

 
Support : FACEBOOK | TWITTER | INSTAGRAM
Copyright © 2008-2016. DMY OFFICIAL - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by DMY OFFICIAL
Proudly powered by Blogger