Home » » Kuliner Indonesia yang Hanya Ada Saat Bulan Ramadan

Kuliner Indonesia yang Hanya Ada Saat Bulan Ramadan

Ini Lho Makanan dan Minuman yang Wajib Ada Saat Kamu Berbuka Puasa
Memasuki bulan Ramadhan sudah menjadi pemandangan biasa jika di tepi jalan banyak pedagang yang menjajakan makanan takjil untuk berbuka puasa, seperti kolak, es buah, goreng-gorengan, lontong dan sebagainya. Bicara soal makanan, ada loh kuliner nusantara yang ternyata hanya disajikan ketika bulan Ramadhan. Ingin tahu? Berikut ini beberapa kuliner yang patut anda coba :
  1. Kicak (Yogyakarta)
    Sumber : http://ramadan.tempo.co
    Sumber : http://ramadan.tempo.co

    Kicak merupakan makanan khas bulan puasa dari Yogyakarta. tradisi membuat kicak saat bulan Ramadhan bermula dari sebuah desa bernama Kauman. Hingga sekarang tradisi menyajikan kicak di bulan suci ini masih terpelihara dengan baik. Terbuat dari tepung beras ketan yang dicampur dengan parutan kepala dan nangka, makanan manis ini sangat cocok disajikan saat berbuka puasa.
  2. Gulai Siput (Tanjungpinang, Kepulauan Riau)
    Sumber : http://jadiberita.com
    Sumber : http://jadiberita.com

    Mendengar namanya saja mungkin sudah terasa aneh bagi kita. memang makanan ini tergolong aneh dan unik. Gulai siput terbuat dari siput yang berasal dari sawah. Siput tersebut di buat semacam gulai dengan tambahan beberapa sayuran segar. menariknya gulai siput asal Riau ini cangkang siputnya tidak dikupas atau dilepaskan. Hal ini bertujuan agar memberikan kenikmatan bagi yang memakannya. Untuk bisa mendapatkan makanan ini, Anda dapat membelinya dengan harga Rp 5 ribu di Tanjungpinang, Kepulauan Riau. Cukup murah buka, hidangan super enak ini hanya ada saat bulan Ramadan saja lho. Tertarik untuk mencicipinya? ingat masih belum waktunya berbuka puasa lho, jangan sampai ngiler.
  3. Sate Susu, Denpasar Bali
    Sumber : http://jadiberita.com
    Sumber : http://jadiberita.com

    Bagi muslim yang berdomisili di pulau Bali, sate susu merupakan makanan khas yang selalu ada saat bulan Ramadhan tiba. makanan ini terbuat dari daging kantung susu pada sapi yang diberi beberapa bumbu rahasia dan dibakar diatas arang. Payudara sapi yang dipercaya memiliki khasiat seperti minum susu sungguhan, memberikan energi lagi setelah seharian berpuasa. Kenikmatan sate susu khas Denpasar ini bisa ditambah jika ditemani dengan samal plecing.
  4. Sotong Pangkong (Pontianak)
    Sumber : kapanlagi.com
    Sumber : kapanlagi.com

    Bagi Anda pecinta makanan sea food, Anda wajib mencoba Sotong Pangkong asal Pontianak saat bulan Ramadhan tiba. makanan ini berasal dari cumi yang telah dikeringkan, lalu cumi tersebut dipukul-pukul menggunakan palu agar terasa lebih gurih. Penyajiannya sendiri makanan ini ditemani dengan cabe dan cuka. Sehingga tercipa paduan berbagai macam rasa seperti asam, gurih, pedas, dan manis.
  5. Pakat (Tapanuli)
    Sumber : merdeka.com
    Sumber : merdeka.com

    Anda mengenal rotan? ya, rotan biasanya digunakan sebagai bahan funiture atau sebagai tali. Namun lain dengan masyarakat Tapanuli, rotan dijadikan makanan yang lezat dan menggugah selera. Bukan rotan yang biasa buat funiture, melainkan rotan muda dan makanan ini merupakan makanan khas bulan Ramadhan di Tapanuli. Mereka menyebut makanan tersebut dengan pakat. Makanan ini berasal dari rotan muda yang telah dibakar diatas api selama kurang lebih 1 jam. Setelah itu daging rotan muda tersebut dipotong-potong dan disajikan bersama dengan santan kelapa.
  6. Telur Mimi (Kaliwungu, Kendal)
    Sumber : www.buahatiku.com
    Sumber : www.buahatiku.com

    Kuliner yang hanya akan kita temui saat ramadan ini berasal dari ikan mimi, sejenis ikan pari dan mungkin hanya ada di kaliwungu kendal jenis kuliner ini. Dalam bahasa lokal telur mimi disebut dengan ndog mimi. cara membuatnya sebenarnya sangat simpel, kita hanya membutuhkan kelapa, beberapa bumbu masak standar dan tentunya telur ukan mimi. Telur ikan mimi yang sudah masak dikerok dari cangkangnya, kemudian dicampur dengan parutan kelapa muda yang sudah dibumbui.
  7. Kolak Durian (Medan, Sumatra Utara)
    Sumber : bisnisukm.com
    Sumber : bisnisukm.com

    medan sumatra utara adalah daerah di indonesia yang terkenal dengan durian medannya, untuk itu saat bulan ramadahn seperti sekarang ini disana terdapa kolak yang berbahan dasar durian. jenis kuliner ang satu ini saat ini juga tersedia di luar bulan ramadhan tetapi dengan jumlah yang kalah banyak jika di bandingkan dengan saat bulan ramadhan. untuk lengkapnya silahkan simaka pada postingan yang akan datang.
  8. Bongko Kopyor (Gersik, Jawan Timur)
    Sumber : i-kuliner.blogspot.com
    Sumber : i-kuliner.blogspot.com
    Bongko Kopyor merupakan salah satu hidangan khas buka puasa bagi warga gresik jawa timur. Selain lezat, hidangan yang terbuat dari kelapa, nangka dan di bungkus daun pisang ini terlihat tradisional dan dipercaya berkhasiat memulihkan stamina tubuh, setelah seharian menahan diri dari lapar dan dahaga. karena rasanya manis, legit dan segar, sehingga bongko kopyor sangat tepat disantap saat buka puasa.
  9. Mie Glosor (Bogor)
    Sumber : www.pinterest.com
    Sumber : www.pinterest.com

    Seperti yang kita tahu Bogor terkenal dengan kuliner laksa dan asinannya. Namun bukan itu makanan khas saat Ramadhan di kota ini. Ada satu makanan khas yang cukup popular di Bulan Ramadhan yaitu mie glosor. Mie glosor berwarna kuning cerah dengan tekstur mienya yang kenyal. Mie ini menjadi menu favorit saat berbuka puasa. Mie glosor sendiri berarti mudah ditelan.
Itulah beberapa kuliner dari berbagai daerah di Indonesia yang hanya ada di bulan Ramadan saja. Bagi kalian yang sedang berada di daerah-daerah tersebut, tidak ada salahnya untuk mencoba kuliner-kuliner khas bulan Ramadan tersebut. Ingat, belum waktunya buka puasa lho. Jangan sampai ngiler apa lagi batalin puasa, saya sebagai penulis aja ngiler pengen makan. hehehe
Sekian artikel dari saya, semoga bermanfaat dan menambah referensi daftar makanan untuk berbuka puasa. 
Share this article :

0 comments:

Post a Comment

 
Support : FACEBOOK | TWITTER | INSTAGRAM
Copyright © 2008-2016. DMY OFFICIAL - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by DMY OFFICIAL
Proudly powered by Blogger