Home » » Yuk Hemat dalam Menyambut Lebaran!

Yuk Hemat dalam Menyambut Lebaran!


Lebaran sebentar lagi Sahabat DMY! Merasakan kembali momen-momen serunya berkumpul dengan keluarga, bermaaf-maafan dengan para tetangga, mengunjungi kerabat, berbagi canda tawa dengan orang-orang tersayang. Memikirkannya saja sudah membuat hati senang bukan?
Namun ada satu hal lagi yang tidak bisa dilewatkan begitu saja sebelum merayakan Lebaran: berbelanja. Ya berbelanja sudah sangat identik dengan hari kemenangan ini. Baju baru, kue-kue enak, parsel cantik, tanpa kamu sadari membuat kamu menjadi boros, mengeluarkan banyak uang hingga anggaran belanja kamu jadi bengkak! Merupakan hal yang tidak bijak bukan mengeluarkan penghasilan bahkan tabungan kamu dalam satu bulan saja? Nah, tidak mau merasakan masa-masa sulit setelah Lebaran, kami akan membagikan cara untuk menyiasati anggaran belanja jelang Lebaran. Berikut langkah-langkahnya:

1. Buatlah anggaran untuk Lebaran secara detil
Buat daftar belanja keperluan Lebaran yang ingin dibeli secara rinci. Ingat tidak perlu semuanya dibeli. Beli barang yang diperlukan bukan diinginkan.  Coba perhatikan barang-barang yang ada di rumah lebih seksama, perabotan yang memang masih bisa dipakai tidak perlu dibeli. Prioritaskan kebutuhan yang paling penting sehingga perhitungan dapat sesuai dengan pemasukan kamu. Anggaran semakin detil akan semakin baik.
Tips belanja hemat menjelang Lebaran
Sumber: http://www.sussex.ac.uk/ 

2. Belanja sebelum menjelang Lebaran
Mulailah membeli bahan makanan dan camilan 1-2 minggu sebelum Lebaran karena kebanyakan harga kebutuhan pokok akan melonjak. Pertimbangkan membeli produk yang memiliki kemasan isi ulang lebih murah seperti sabun cuci, minyak goreng, kecap. Beli makanan yang waktu penyimpananannya relatif lama. Kamu juga bisa menyisihkan waktu untuk berada di dapur memasak bersama keluarga lho! Lebih sehat, lebih hemat, lebih asik!

Tips belanja hemat menjelang Lebaran - belanja sebelum lebaran
Sumber: http://www.choicesprogramme.org/

3. Manfaatkan penawaran belanja diskon
Kenali dan manfaatkan tempat-tempat belanja yang memberikan diskon sehingga kamu dapat berbelanja lebih murah. Biasanya banyak toko yang menawarkan diskon besar dalam tanggal-tanggal tertentu seperti pertengahan tanggal menuju Lebaran atau satu minggu sebelum Lebaran. Tidak ada salahnya juga mencari penawaran kebutuhan secara online, selain cepat dan mudah, kamu bisa mendapatkan informasi sembari duduk santai di rumah. Tapi tetap ingat untuk mengendalikan diri kamu dengan menghindari barang yang memang tidak diperlukan. Selalu cermati kualitas barang yang akan dibeli ya!

4. Memilih teman yang bijak dalam berbelanja
Teman yang juga memiliki tekad serta disiplin untuk berbelanja hemat menjelang Lebaran adalah teman yang tepat untuk membeli kebutuhan Lebaran. Mintalah masukan jujur teman kamu agar tidak menekan kamu berbelanja diluar kebutuhan. Kamu juga bisa meminta informasi mengenai toko dengan diskon-diskon yang ia ketahui dan membandingkannya dengan toko yang kamu ketahui harga diskonnya.
Tips belanja hemat menjelang Lebaran
Sumber: http://farm6.staticflickr.com/

5. Hindari hutang
Sebaiknya hindari pemikiran dalam hal hutang. Jika kamu tidak berhutang, kamu tidak perlu pusing lagi memikirkan uang yang harus dibayar setelah mengeluarkan pendapat yang memang lebih banyak dari biasanya. Jangan sampai sapaan tagihan kartu kredit membuat kamu merasa tidak tenang setelah melewatkan Lebaran yang menyenangkan.
Tips belanja hemat menjelang Lebaran - hutang
Sumber: http://zb-lzonline.com/
Terakhir, eksekusikan kelima poin tadi dengan hati riang karena kamu sedang berusaha merencanakan hari raya yang tidak terlupakan. Pada intinya, kamu harus bijak dalam memikirkan penghasilan kamu dengan pengeluaran yang ingin kamu lakukan untuk berbelanja. Jangan lupa bawa catatan anggaran belanja sebagai pedoman serta usahakan diri untuk disiplin dalam budget yang sudah dibuat.
Semoga langkah-langkah diatas dapat membantu kamu mengelola kuangan lebih baik dari tahun sebelumnya dan tidak terjadi pengeluaran yang lebih besar dari pendapatan ya! (MN/Bs)
Share this article :

0 comments:

Post a Comment

 
Support : FACEBOOK | TWITTER | INSTAGRAM
Copyright © 2008-2016. DMY OFFICIAL - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by DMY OFFICIAL
Proudly powered by Blogger