Home » » 6 Hal Wajib Saat Idul Fitri di Indonesia

6 Hal Wajib Saat Idul Fitri di Indonesia

1. Berpuasa selama satu bulan penuh
Sebelum merayakan Hari Raya Idul Fitri, umat Muslim mengawalinya dengan puasa selama satu bulan penuh. Puasa ini dilaksanakan setiap hari, mulai dari adzan Subuh sampai adzan Maghrib. Umumnya, satu bulan ini disebut sebagai bulan Ramadhan oleh umat Muslim.
2. Saling meminta maaf
Bersilahturahmi dan minta maaf adalah poin utama dari perayaan Idul Fitri. Saat Idul Fitri artinya kita wajib memulai semuanya dengan lembaran baru, dan melupakan kesalahan atau rasa sakit hati yang ditimbulkan orang lain.
3. Berkunjung ke rumah kerabat
Idul Fitri adalah saat dimana seluruh keluarga besar dapat berkumpul menjadi satu, makan bersama, dan mengikuti kabar-kabar terbaru dalam keluarga mereka. Ini waktu yang harus dimanfaatkan untuk mengakrabkan diri satu sama lain. Jangan lupa untuk memanfaatkan kesempatan ini berkunjung ke rumah orang tua, mertua, dan saudara lainnya ya untuk saling bersilahturahmi! Pasalnya, anda tak akan pernah tahu apa yang bakal terjadi setahun kedepan. Tali kekeluargaan dan persaudaraan itu sangat penting untuk dijaga.
4. Membeli pakaian baru
Sudah semacam kebiasaan jika Lebaran identik dengan pakaian baru. Namun, bukan berarti anda wajib membeli pakaian baru dari toko. Jika budget tidak mencukupi, maka cukup dengan mencuci pakaian lama supaya bersih dan terlihat baru.
5. Membayar zakat fitrah
Setelah berpuasa selama sebulan, kita tak boleh lupa bahwa apa yang kita miliki sekarang hanyalah titipan dari Allah SWT. Dengan membayar zakat fitrah mengijinkan kita untuk berbagai kebahagiaan dengan masyarakat yang lebih membutuhkan, dan merupakan hal wajib dilakukan sebelum Idul Fitri tiba .
6. Memberi amplop pada anak-anak
Anak-anak juga sangat senang saat Idul Fitri tiba, karena mereka akan menerima banyak sekali uang dari orang tua dan sanak saudara dalam amplop yang lucu. Paling pusing kalau dalam keluarga banyak terdapat anak kecil, karena uang yang dikeluarkan makin banyak!
Di beberapa negara seperti Amerika, Inggris, hari Raya Idul Fitri belum dianggap sebagai hari Libur Nasional, sehingga perayaannya pun belum semeriah Negara-negara seperti Indonesia, Arab, dan juga Malaysia. Namun, umat Muslim masih bisa merayakannya dengan bertanya secara langsung pada perkumpulan Umat Muslim di negara-negara tersebut. (MN/Bs)
Share this article :

0 comments:

Post a Comment

 
Support : FACEBOOK | TWITTER | INSTAGRAM
Copyright © 2008-2016. DMY OFFICIAL - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by DMY OFFICIAL
Proudly powered by Blogger