Home » » Alasan Kuliner Indonesia Belum Bisa Kuasai Lidah Dunia

Alasan Kuliner Indonesia Belum Bisa Kuasai Lidah Dunia


Sahabat DMY, dibandingkan dengan kepopuleran pizza dan pasta asal Italia, mungkin kuliner khas Indonesia masih tertinggal jauh. Namun hal itu tidak berarti bahwa kuliner Indonesia tak bisa mengalami kemajuan di kancah Internasional.
Ditambah lagi saat ini sudah banyak pihak yang mulai berkontribusi dalam meningkatkan citra kuliner asli Indonesia, seperi Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. Namun hal itu masih di rasa kurang oleh William Wongso, seorang pakar kuliner Indonesia.
Dilansir Tribun News, William pun menyebutkan beberapa alasan mengapa kuliner Indonesia sulit bersaing dengan kuliner khas negara lain.
 
1. Istana Negara tidak menyajikan sajian khas nusantara untuk tamu para pemimpin dari negara sahabat
“Saya harus jujur, setiap ada tamu kenegaraan, misalnya presiden atau pemimpin negara sahabat, Istana Negara malah tidak menyuguhi sajian khas nusantara. Yang disajikan justru menu khas dari negara asal pemimpin negara tersebut. Padahal, sejatinya orang asing datang ke Indonesia pasti ingin mencoba makanan lokalnya, kan? Sayang sekali,” tutur William.
 
2. Industri bahan baku asal Indonesia belum mampu bersaing dengan merek dari negara lain, misalnya Thailand dan Vietnam
Otomatis, ini juga menjadi alasan kuliner Indonesia sulit bersaing . “Harus diakui juga, masakan Indonesia memang belum berperan banyak dalam industri horeka (hotel restoran dan kafe) di dunia internasional. Di luar negeri, saya sampai kesulitan mencari santan instan atau kecap asli dari Indonesia, sementara merek dari Thailand begitu banyak pilihannya.”
 
3. Faktor pendidikan di bidang kuliner pun menjadi alasan kuliner Indonesia sulit bersaing di kancah dunia
“Sekolah perhotelan setingkat SMK sebagian besar hanya mengajarkan menu-menu asing pada kurikulum utamanya. Setelah mereka menguasai menu asing, barulah diajarkan menu atau masakan khas Indonesia. Tapi sayang, pengajarnya tidak ada.”
Tiga hal itulah yang menjadi perhatian William, yang menjadi alasan kuliner Indonesia sulit bersaing dengan masakan khas dari negara lain, terutama Thailand, untuk dikenal dan populer di mancanegara.
Sehingga ia berharap pemerintah yang baru sekarang ini juga bisa lebih mendukung geliat banyak pihak dalam meningkatkan martabat kuliner nusantara di mata dunia. (MN/Zia)
Share this article :

0 comments:

Post a Comment

 
Support : FACEBOOK | TWITTER | INSTAGRAM
Copyright © 2008-2016. DMY OFFICIAL - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by DMY OFFICIAL
Proudly powered by Blogger