Home » » Waspada dengan Penyakit yang Rentan Menyerang Saat Mudik Lebaran Ini

Waspada dengan Penyakit yang Rentan Menyerang Saat Mudik Lebaran Ini


Lebaran sebentar lagi tiba, tandanya musim mudik mulai ramai. Berkumpul bersama sanak saudara dikampung halaman adalah kebahagiaan tersendiri saat merayakan hari raya Idul Fitri.
Betapapun lelahnya perjalanan mudik yang cukup menguras stamina, orang tetap berbondong-bondong berangkat ke kampung halaman. Karena jauhnya perjalanan, tradisi mudik ini dapat menurunkan kekebalan tubuh.
Berada dalam bus bisa sampai seharian penuh membuat tubuh tidak bebas bergerak dan menyebabkan badan pegal. Sehingga dalam perjalanan mudik rentan terserang penyakit.
Dilansir dari health.detik.com, saat mudik rentan terserang berbagai penyakit. Selain kurangnya waktu istirahat, penggunaan fasilitas umum yang kadang tidak bersih dan banyak bakteri membuat tubuh mudah terserang infeksi. Dan inilah 3 penyakit paling umum yang dialami saat mudik.
 
Infeksi saluran pernapasan
Inilah penyakit yang paling umum menyerang saat mudik. Infeksi saluran pernafasan dikarenakan virus dan bakteri yang dihirup karena udara kotor. Hal ini biasanya terjadi karena saat mudik terjadi kontak dengan banyak orang, berdesak-desakan dan kondisi kekebalan tubuh sedang menurun.
 
Diare
Diare dapat disebabkan oleh bateri yang masuk kedalam saluran pencernaan. Hal ini terjadi karena kurangnya perhatian terhadap kebersihan tangan saat mengkonsumsi makanan dalam perjalanan mudik. Kuman diare bisa ada pada wc umum, keran kamar mandi atau bahkan pegangan bus dan mengalami kontak langsung dengan benda-benda yang penuh bakteri.
 
Infeksi saluran kemih
Penyakit ini umumnya dialami oleh para wanita. Infeksi saluran kemih mudah menyerang karena wanita memiliki uretra atau saluran kemih yang bentuknya lebar, luruh dan lebih pendek dari laki-laki. Penyakit ini terjadi karena wanita lebih sering menahan buang air kecil saat mudik, serta kurangnya kebersihan air di toilet umum yang mengandung bakteri sehingga mengundang infeksi saluran kemih.
Itulah penyakit umum yang dijumpai saat mudik lebaran. Untuk mencegahnya penting untuk memperhatikan kebersihan. Saat mudik sediakan masker, tissue basah, serta hand sanitizer sebagai bentuk perlindungan dari bakteri dan kuman. Persiapan kecil ini sangat membantu agar perjalanan mudik dapat berjalan lancar. (MN/Maya)
Share this article :

0 comments:

Post a Comment

 
Support : FACEBOOK | TWITTER | INSTAGRAM
Copyright © 2008-2016. DMY OFFICIAL - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by DMY OFFICIAL
Proudly powered by Blogger