Home » » Jaga Pusat Keanekaragaman Hayati

Jaga Pusat Keanekaragaman Hayati


OLYMPUS DIGITAL CAMERA
Dunia peringati Hari Keanekaragaman Hayati atau yang dikenal dengan nama International Day of Biological Diversity. Tahun ini, Hari Keanekaragaman Hayati, yang jatuh pada tanggal 22 Mei, mengangkat tema Keanekaragaman Hayati di Wilayah Kepulauan atau Island Biodiversity.
Data Perserikatan Bangsa-Bangsa menyebutkan, sebanyak 600 juta penduduk (sepersepuluh jumlah penduduk dunia) tinggal di wilayah kepulauan termasuk di Indonesia. Sehingga fungsi wilayah kepulauan berperan sangat penting dalam menjamin keanekaragaman hayati dunia.
Menurut Braulio Ferreira de Sauza Diaz, Sekretaris Eksekutif Convention on Biological Diversity (CBD), wilayah kepulauan – walau hanya mencakup 5% dari wilayah daratan di bumi – menyimpan 20% spesies reptil, tanaman dan burung dunia. Di wilayah kepulauan juga tersimpan lebih dari 50% keanekaragaman hayati laut serta 7 dari 10 terumbu karang terpenting dunia.
Namun ancaman kemusnahan spesies di wilayah kepulauan sangat tinggi. Menurut Braulio, 64% kemusnahan yang tercatat di bumi selama satu abad terakhir terjadi di wilayah kepulauan. Bahkan, tingkat kemusnahan spesies mamalia di wilayah kepulauan 177 kali lipat lebih tinggi dibanding wilayah-wilayah lain di dunia.
Polusi, pemutihan terumbu karang (coral bleaching), kenaikan keasaman air laut, pemanasan global dan perubahan iklim terus mengancam Wilayah-wilayah ini. Aksi sinergis untuk menyelamatkan wilayah kepulauan perlu terus dilakukan guna memastikan terjaganya kekayaan keanekaragaman hayati, sekaligus mencapai Target Keanekaragaman Hayati Aichi (Aichi Biodiversity Target) yang sudah ditetapkan oleh PBB. Jangan berhenti menjaga bumi. (MN/Hijauku)
Share this article :

0 comments:

Post a Comment

 
Support : FACEBOOK | TWITTER | INSTAGRAM
Copyright © 2008-2016. DMY OFFICIAL - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by DMY OFFICIAL
Proudly powered by Blogger