Home » » Bedanya Perayaan Agustusan Dulu dan Sekarang

Bedanya Perayaan Agustusan Dulu dan Sekarang


Agustus punya kesan yang beda dari bulan-bulan lainnya. Maklum, Agustus merupakan bulan di mana Indonesia ngerayain hari jadinya. Tau ga sih, Sob, kemeriahan perayaan Agustus dulu dan sekarang udah beda banget. Apa aja sih bedanya?

1. Menghias Gapura dan Pasang Umbul-umbul

OUCH! masih inget banget, jaman dulu, warga pada sibuk ngecat gapura buat nyambut perayaan Agustusan. Ga cuma dicat, gapura juga dihiasi angka yang nandain hari ulang tahun Indonesia. Di pinggir-pinggir jalan, ga cuma bendera merah putih doang yang dipasang.
Tapi ada juga bendera umbul-umbul yang bikin suasana perayaan Agustusan makin beda. Jaman sekarang, mungkin di beberapa desa masih nerapin tradisi ini. Tapi tetep ga semeriah jaman dulu.
agustusan-new-1

2. Kumpul Bareng Saat Malam Agustusan 17-an

Saat malam 17-an tiba, warga kumpul jadi satu di lapangan atau balai desa buat nonton film, dengerin pengajian, sambil bacain pengumuman siapa aja yang menang di event Agustusan. Wah, pokoknya meriah deh kalo udah sampe malam 17-an.
Foto: puriindahrt62.wordpress.com
Foto: puriindahrt62.wordpress.com

3. Beda Jaman Beda Juga Filmnya

Yoi, Sob… beda jaman beda juga filmnya. Jaman dulu, film yang identik banget sama perayaan Agustusan adalah Nagabonar, Cut Nyak Dien, November 1928 dan Serangan Fajar. Khusus judul terakhir, banyak orang yang kenal banget sama film ini.
Sekarang, film yang sering diputar saat Agustusan adalah Garuda di Dadaku, Tanah Air Beta, Soekarno, dll. Masing-masing film punya kelebihannya Sob. Tapi, film jaman dulu lebih dikenang daripada film jaman sekarang.
agustusan-new-3

4. Panjat Pinang

Jaman dulu, panjat pinang jadi salah satu lomba yang wajib ada saat perayaan Agustusan. Lomba satu ini seru banget sebab setiap peserta harus saling ngebantu ngeraih hadiah yang ada di pucuk bambu. Seiring berjalannya waktu, lomba panjat pinang mulai jarang Sob.
agustusan-new-4

5. Panggung Gembira

Panggung gembira Agustusan jadi hiburan tersendiri bagi warga. Di panggung ini, warga bisa nonton lomba karaoke, penampilan drama, sampe orkes yang dihadirkan panitia.
Jaman sekarang emang ga ada? Ada sih, tapi udah ga sebanyak dan serame jaman dulu. Bener ga Sob?
agustusan-new-5

Di bulan Agustus tahun 2015 ini, Indonesia bakal ngerayain ultah yang ke-70, Sob. Udah siap belum nyambut Hari Kemerdekaan Republik Indonesia? (MN/Majalahouch)

Share this article :

0 comments:

Post a Comment

 
Support : FACEBOOK | TWITTER | INSTAGRAM
Copyright © 2008-2016. DMY OFFICIAL - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by DMY OFFICIAL
Proudly powered by Blogger