Home » » Istilah Gaul yang Biasanya Salah Pakai

Istilah Gaul yang Biasanya Salah Pakai


Sahabat DMY jadi anak gaul ada bahayanya loh, gaes. Bisa salah gaul. Bisa juga salah pakai istilah gaul. Mentang-mentang ada istilah baru, biasanya langsung aja dipakai. Padahal belum tentu udah benar-benar paham arti dan penggunaannya. Misalnya,

“Duh.. Gue boring banget nih..”

Penggunaan istilah boring di atas tuh salah. Biar nggak salah, DMY Official mau kasih sedikit pencerahan supaya kamu tambah pinter.

Gabut

Artinya ‘gaji buta’. Sering juga disebut magabut atau ‘makan gaji buta’. Harusnya dipakai di kalimat yang subjeknya orang yang udah punya gaji alias udah kerja. Misalnya,

“Anyep kan sekretaris, tapi gabut banget. Cuma duduk terus angkat telepon, tapi dapet duit!”

Ya memang, beberapa orang punya kerjaan yang enak kayak gitu. Tapi sekarang gabut sering dipakai untuk orang-orang yang kerjaannya nggak jelas. Misalnya anak SMA waktu kelas kosong.

“Huft kita gabut nih, nggak ada guru.”

Padahal anak sekolah kan emang nggak digaji. Siapa yang mau balik lagi ke sekolah, kalau bisa sekolah terus kalau ternyata jadi anak sekolah bisa gajian?


Semuanya juga mau.

Boring

Sekarang sering dipakai sebagai pengganti kata bosen. Padahal kan salah tuh. Boring artinya membosankan. Kalau bored baru tuh artinya bosan.

Kalimat yang benar: “Kemaren pensinya boring banget, nyesel gue dateng.”

Kalimat yang salah: “Main yuk, gue boring nih!” Ya bagus deh kalo kamu nyadar bahwa kamu itu boring, alias membosankan.


Rasis

Rasisme (racism) itu keyakinan bahwa suatu ras tertentu jauh lebih baik daripada ras lainnya. Jadinya perlakuan terhadap mereka sering dibedain dan sering dapet diskriminasi. Orang yang percaya akan hal itu disebut rasis (racist).

Misalnya, di Amerika ada kelompok KKK yang emang rasis banget. Saking nggak sukanya sama orang kulit hitam, mereka merasa kalau menyakiti atau bahkan membunuh orang kulit hitam itu sah-sah aja dilakukan. Rasisme emang topik yang sensitif.

Belakangan ini ada yang suka pakai kata rasis untuk sesuatu yang sifatnya sensitif, tapi sebenernya nggak berhubungan dengan arti rasis sebenarnya. Misalnya,

“Jangan ngejekin Bekasi aja dong, rasis banget sih.”

Nggak nyambung, bang. Bekasi kan nama tempat, bukan ras. Emang ada ya, ras Bekasi?


Galau

Bergalau dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia itu artinya sibuk beramai-ramai atau kacau tidak keruan (pikiran). Udah kacau, nggak keruan pula. Kebayang kan gimana kacaunya. Ini yang kamu rasain kalau semuanya lagi super ruwet sampai kamu bingung harus melakukan apa.

Awalnya mungkin penggunaan kata ini cukup benar. Tapi belakangan rada lebay. Sedih dikit langsung bilang galau. Ujan dikit langsung galau. Yang digalauin juga jemuran doang. Padahal, perasaan sedih atau sendu itu sebutan yang benar adalah Melow (Melankolis).


Deadline

Artinya batas waktu. Bukan garis mati. Dulu cuma dipakai di kalangan pers. Kayak misalnya penulis DMY Official nih. Dikasih tugas bikin artikel yang deadline-nya hari Jumat, misalnya. Sekarang nggak cuma kalangan jurnalis aja yang pakai. Sekarang dipakai juga untuk batas waktu tugas sekolah atau kuliah. Tapi sayang, banyak yang salah nulis jadi “death-line” (garis kematian). Kan serem kalo dikasih tau ajalnya kapan gitu..

Tapi yang udah bener nulis deadline, yaudah, nggak apa-apa, pake aja. Itung-itung belajar jadi penulis, ya...

Kru DMY Official kalau lagi ngejar deadline.

Itu tadi beberapa contoh aja. Karena sekarang udah tau, jangan salah pakai lagi, ya. Ada yang mau nambahin pencerahan soal istilah gaul lain yang sering salah pakai? Silakan dipresentasiin di komen! (MN/Diah Aryanti)
Share this article :

0 comments:

Post a Comment

 
Support : FACEBOOK | TWITTER | INSTAGRAM
Copyright © 2008-2016. DMY OFFICIAL - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by DMY OFFICIAL
Proudly powered by Blogger