Home » » Ini Waktu Yang Tepat Buat Pacaran

Ini Waktu Yang Tepat Buat Pacaran


Sahabat DMY suka bingung gak sih kalo kamu liat ada anak belum akil balig tapi udah punya pacar, udah gitu kalo manggil pacar pake sebutan “Ayah-Bunda”. Iya, zaman sekarang ini banyak banget terlihat anak bocah yang kayak begitu. Baru-baru ini aja udah ada contoh kasus yang viral banget di media sosial, tentang bocah SD yang mesra-mesraan itu. Kalo kamu update pasti tau deh.

Jujur aja ya, Kanda juga cukup menyayangkan fenomena miris itu terjadi. Yang udah dewasa dan tua kayak kalian aja kalah, masih pada jomlo. Oke, maaf, tolong ngomelnya di kolom komentar aja ya. Etapi ngomong-ngomong nih, dari kebingungan itu Kanda jadi mikir, kapan sih waktu yang tepat untuk pacaran?

Menurut Kanda, waktu yang tepat untuk pacaran itu adalah…

Ketika udah bisa bertanggung jawab terhadap diri sendiri
Kebanyakan orang hampir jarang mikirin tanggung jawab terhadap dirinya sendiri saat ingin menjalani hubungan. Yang dipikirin adalah pacaran itu nyenengin. Ada seseorang yang bisa diajak berbagi. Iya, oke, lalu apakah sisi menyenangkan pacaran itu bisa bikin kamu bertanggung jawab sama diri sendiri?

Tanggung jawab itu adalah prioritas, kewajiban, dan masa depan. Apakah kamu jadi semakin memprioritaskan hal-hal yang seharusnya saat punya pacar? Apakah kamu menjalankan kewajiban kamu sebagai seorang anak yang tumbuh dalam harapan orang tua saat punya pacar? Dan apakah masa depan kamu seperti cita-cita yang sedari dulu ingin diwujudkan mulai dirajut saat punya pacar?


Gimana, udah bisa tanggung jawab sama diri sendiri? Jawab pertanyaan itu di dalam hati dan renungkanlah.

Kamu bisa mengontrol perasaan
Sehebat-hebatnya orang menyelesaikan masalah, kalo udah tersangkut urusan cinta, itu bakal beda cerita. Well, kamu tau kan, cinta nggak melulu tentang bahagia? Ada juga sedihnya, galaunya, bahkan patah hatinya. Nah, yang jadi masalahnya ini adalah kalo kamu gak bisa mengontrol perasaanmu, itu bakal bikin hari-harimu makin suram. Atau bahkan mungkin, kamu bakal mencari jalan pintas untuk mengakhiri penderitaan. Itu bahaya.


Jelas dari kegalauan itu akan berefek sama cara kamu bersosialisasi dengan orang lain karena kamu nggak bisa mengesampingkan dan meposisikan masalah itu, seperti ngomel-ngomel nggak jelas atau melukai diri sendiri. Kamu nggak bisa baik-baik aja di tengah orang yang baik-baik aja, itu akan jadi masalah baru dan jelas tandanya kamu belum siap pacaran.

Pola pikir kamu udah dewasa
Dewasa yang Kanda maksudkan adalah, kamu udah mengerti mana yang benar dan salah. Mana yang boleh dan nggak boleh dilakukan saat pacaran. Seperti coba-coba mengikuti rasa penasaran kepada hal-hal yang tidak layak, misal seks bebas.

Banyak kan tuh kejadian, si cowok pacaran haha-hihi sama ceweknya. Nggak lama kemudian, perut si cewek melendung. Si cowok kabur, si cewek stress karena bingung harus ngapain, lalu terjadilah hal-hal buruk selanjutnya.


Kamu pasti nggak mau kan hal seperti itu terjadi? Semua orang nggak mau. Oleh karena itu, jangan berbuat kalo gak berani tanggung jawab. Inga, yang ena seringnya bikin pala pucing, Kisanak.

Kamu udah siap finansial
Hehehe. Pasti banyak di antara kamu-kamu semua yang modal pacarannya duit dari ortu, ngaku deeeh, iya kan? Gapapa kok, Kanda juga pernah gitu. Taaaapi, mau sampai kapan kayak gitu? Emang nggak malu sama diri sendiri? Uang dikasih dari ortu yang seharusnya dipergunakan untuk kebutuhan kamu, jadi malah digunakan buat si pacar, bahkan sampai kamu rela bohong mintanya.

Secara nih ya, kamu akan punya kebanggan sendiri saat kamu nraktir si pacar makan, nonton, jalan, atau beliin dia barang pake uang kamu sendiri. Caranya gimana? Jelas, kamu cari penghasilan sendiri seperti kerja atau bisnis jualan, kayak yang sekarang lagi rame tuh jualan batu akik. Cukup jual aja, jangan dipake sendiri.


Soalnya kasihan kan orang tuamu. Kerja banting tulang demi membiayai hidup kamu, eh, uangnya malah kamu gunain bukan untuk yang seharusnya. Lain hal sih kalo kamu tinggal di keluarga yang bingung mau ngabisin uang ke mana.

Tujuan pacaran untuk masa depan
Lagi, kebanyakan orang yang ingin pacaran itu tujuannya hanya untuk mencari sumber kebahagiaan, yang gak lain dari pacarnya. Bahkan sampai ada yang ngebet banget. Terus, kalo kamu udah dapet bahagianya apa lagi? Sebatas itu aja?

Hey, nggak ada yang ngelarang untuk bahagia sama pacar loh, mumpung masih muda, masih punya banyak waktu buat menambah pengalaman. It’s okay, namun kalo pacaran hanya sebatas untuk senang-senang dan malah menelantarkan kewajiban, kelak, cepat atau lambat, kamu sama aja merusak masa depan kamu.

Yang perlu dicatat adalah kamu harus tau kapan waktu bersenang-senang dan serius. Jadi, ketika tujuan pacaran kamu untuk masa depan. Silakan jalani ke jenjang yang lebih serius. Bahagianya dapet, masa depan juga dapet. Enak kan dapet dobel?


Yup, itulah kiranya yang bisa kamu jadikan pedoman waktu yang tepat untuk pacaran. Baiknya kamu pikirin lagi supaya waktu kamu nggak terbuang percuma dalam hubungan yang salah. Nah kalo versi Sahabat DMY sendiri, kapan waktu yang tepat? (MN/Falen Pratama)
Share this article :

0 comments:

Post a Comment

 
Support : FACEBOOK | TWITTER | INSTAGRAM
Copyright © 2008-2016. DMY OFFICIAL - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by DMY OFFICIAL
Proudly powered by Blogger