Home » » Kenali Batik Dengan Aplikasi ‘Peta Batik Indonesia’

Kenali Batik Dengan Aplikasi ‘Peta Batik Indonesia’


Salah satu peninggalan budaya yang jadi kebanggaan Indonesia adalah batik. Kamu mungkin tahu kalau waktu itu batik sempet diakuin sebagai peninggalan dan kebudayaan asli negara tetangga. Sampai-sampai kita marah-marah karena merasa budaya kita dicuri. Eh, tapi kamu sendiri tahu banyak nggak soal batik yang ada di negara kita tercinta? Ehehe tenang aja, Nyunyu juga masih belum belajar banyak kok soal batik.


thoughts animated GIF

 

Nah, dalam menyambut Hari Batik Nasional yang jatuh hari ini, 2 Oktober 2015, kita bisa kenalan lebih dekat dengan batik-batik Nusantara lewat aplikasi Peta Batik Indonesia alias ‘Map of Batik’. Aplikasi ini adalah hasil kerjasama dari Bandung Fe Institute dan Sobat Budaya. FYI, udah ada sekitar 5.849 motif batik yang telah terdokumentasi lewat proses pendataan dari teman-teman di Sobat Budaya. Tentunya, batiknya itu nggak dari pulau Jawa aja, ada juga dari pulau-pulau besar lainnya; Kalimantan, Sumatera, Sulawesi, Bali, Nusa Tenggara, dan Papua.


 

Aplikasi ini bisa diunduh secara gratis buat pengguna Android maupun iOS. Nyunyu udah coba download nih. Kamu tinggal pilih jenis batik yang ada, terus kamu bisa baca deskprisi sekaligus asal usulnya. Gampang dan edukatif banget.



 
 
 

Tinggal pilih aplikasinya, Android atau iOS. Udah saatnya kita, generasi muda Indonesia lebih mengenal batik supaya bisa lebih mencintai batik. Yuk, jangan lupa download, dan kasih tahu teman-teman kamu juga ya. (MN/Diah Aryanti)
Share this article :

0 comments:

Post a Comment

 
Support : FACEBOOK | TWITTER | INSTAGRAM
Copyright © 2008-2016. DMY OFFICIAL - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by DMY OFFICIAL
Proudly powered by Blogger