Home » » Makanan Ini Hanya Ditemuka Saat Imlek Lho!

Makanan Ini Hanya Ditemuka Saat Imlek Lho!


Ada beberapa makanan yang hanya dapat ditemui saat musim atau perayaan tertentu. Misalnya saat Tahun Baru Cina Imlek, yang tahun ini jatuh pada Kamis, 19 Februari. Kue-kue khas Imlek biasanya hanya dijual di minggu-minggu menjelang Tahun Baru Imlek sampai akhir perayaan.
Berikut adalah beberapa makanan ringan tradisional dan modern untuk merayakan Tahun Kambing, dikutip dari Laist.

1. Chuen-hop

Image source: laist.com
Selama kurang lebih dari dua minggu, teman-teman dan kerabat sering mengunjungi rumah satu sama lain dan memberikan harapan serta doa yang baik untuk tahun baru. Karena dianggap tabu jika berkunjung dengan tangan kosong, maka chuen-hop ini biasa dijadikan buah tangan.
Bingkisan ini berisi delapan kompartemen yang merupakan angka keberuntungan dalam budaya Cina. Biasanya diisi dengan kelapa, buah kumquat, kacang, biji melon merah, dan permen. Beberapa bingkisan berisi manisan berwarna-warni dengan melon, kelapa, biji teratai, atau tambahan asam.

2. Nian Gao

Image source: laist.com
Nian gao hanya dapat ditemukan satu tahun sekali yaitu pada saat perayaan tahun baru Imlek. Makanan ini dipercaya  dapat membawa kemakmuran di tahun mendatang. Kue ini terbuat dari tepung beras ketan, ekstrak almond, gula merah, dan minyak. Kadang ditambahkan biji wijen putih, kurma merah, atau kacang sebagai variasi.

3. Fa Gao

Image source: laist.com
Fa gao adalah salah satu camilan wajib yang harus ada saat merayakan tahun baru Imlek. Fa gao atau kue keberuntungan ini memiliki tekstur lembut dan kenyal dengan rasa yang manis dan terbelah di bagian atasnya. Belahan ini melambangkan keberuntungan karena kata “fa” (發) berarti “naik” dan “keberuntunan”.

4. Permen dan Coklat

Image source: laist.com
Memakan permen selama tahun baru Imlek sangat disarankan karena dapat membawa kehidupan yang manis di tahun mendatang atau memulai tahun baru dengan catatan manis. Beberapa toko permen tradisional Cina biasanya hanya menjual permen khusus untuk merayakan tahun baru. Permen biasanya memiliki bentuk Fortune Cat, God of Wealth, nanas emas, Yuanbao (koin Cina kuno) dan masih banyak lagi.

5. Luobo gao

Image source: laist.com
Luobo gao adalah jenis kue lobak putih dan hidangan dim sum yang gurih dan harus dikonsumsi saat Imlek sebagai simbol kemakmuran dan meingkatkan kekayaan. Biasanya luobo gao digoreng sebagai sarapan di tahun baru atau saat kerabat berkunjung. (MN/Zia)
Share this article :

0 comments:

Post a Comment

 
Support : FACEBOOK | TWITTER | INSTAGRAM
Copyright © 2008-2016. DMY OFFICIAL - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by DMY OFFICIAL
Proudly powered by Blogger