Home » » DIBALIK LAYAR: PRIMBON BUKTI PERSAHABATAN

DIBALIK LAYAR: PRIMBON BUKTI PERSAHABATAN

Primbon adalah pengetahuan Jawa yang berusia ratusan tahun, dan kini masih lazim digunakan dalam masyarakat Jawa. Primbon merupakan sistem perhitungan atau ramalan berkaitan dengan aktivitas orang Jawa. Primbon sedikitnya membicarakan tentang perhitungan berkaitan dengan baik buruknya waktu kegiatan (upacara perkawinan, mendirikan rumah, menempati rumah, dan sebagainya), ramalan watak manusia dan hewan berdasarkan ciri-ciri fisiknya, ramalan yang bersifat gaib (misal, mimpi dan kedutan), serta perhitungan mengenai tempat tinggal.
Inti pesan dari primbon adalah agar kita senantiasa bersikap peka dan waspada. 
Nah DIBALIK LAYAR kali ini kita kedatangan tamu loh, biasanya kan Hendy DMY sendiri tapi kali ini Hendy DMY bakal ditemani Jamal DMY untuk membahas tentang Primbon. Sebagai orang Jawa keduanya pasti mengenal apa itu primbon dan mereka juga bakal dilihatkan hasilnya. Langsung aja yuk! (J= Jamal DMY, H= Hendy DMY)

Apa kabar nih kalian berdua, gimana Jamal DMY pertama di program dibalik layar nih?
J: Baik. Iya ini aku seneng bisa di acara paling fantastic ya, suka ikutin sih biasanya kan ngorek-ngorek Hendy.

H: Alhamdulillah, tetap semangat.


Kali ini nih kan temanya Primbon, apa sih yang ada dibenak kalian tentang Primbon? Apa kalian percaya dengan Primbon?
J: Ramalan jawa. Aku sih gak percaya ramalan-ramalan, ya buat seru-seruan aja.

H: Ramalan tentang weton-weton gitu deh di Jawa. Bukan untuk percaya ya kalo aku buat koreksi aja sih ambil sisi positifnya aja.


Nah ini kalian kan dari jaman TK, SD, SMP, SMK bahkan sampai kerja masih bareng terus pasti kenal dong sifat masing-masing? Gimana nih sifat dari antara kalian?
J: Aku komen si Hendy ya? Dia itu orang yang rajin, berwibawa kalo pas kerja tuh, aslinya mah duh gila. Pede yang tinggi sih ya.

H: Kalo Jamal tuh dia paling suka bungkam gak mau cerita apa yang dia hadapi, tertutup gitu, trus ngalahan anaknya. Suka bercanda juga. Baik sih ya aku aja anggep dia hyung (lebih tua) dari aku karena sifatnya.
Nah kalo menurut Primbon sendiri nih kita gak bisa bahas semua dan Hendy DMY akan dibacakan hasilnya berdasarkan tanggal lahir dan nama.
Jadi menurut primbon kelompok ini dapat benar-benar ahli dalam menyembunyikan (atau memendam) perasaan-perasaan yang tidak enak seperti kemarahan, kesedihan, atau penyesalan. 
Dapat juga tampil sebagai seorang pemimpin yang penuh disiplin dan tegas serta jujur. Maka orang ini selalu disegani oleh kawan-kawannya, baik dalam pergaulan di masyarakat, maupun dalam pekerjaan dan organisasi. 
Dan orang inilah yang mempunyai tugas berat untuk menjaga lingkungan hidup. Bagaimana menurutmu?
H:  Ya sih aku emang suka memendam apapun itu, dan jarang diomongin sih.
Tapi aku suka keterbukaan kok.


SIFAT
Sifat-sifat orang ini tegas dan jujur serta rajin bekerja. Dia mampu mempengaruhi orang-orang disekitarnya, seolah-olah dialah pemimpin kelompok itu. Padahal dia berpengaruh bukan karena sebagai pemimpin, tetapi karena mempunyai wibawa dan disegani.  
Bagi orang yang terlahir pada mangsa ini, jiwanya optimis. Dia tidak pernah mempersoalkan masa depan, karena dia yakin apa yang dikerjakan hari ini menentukan hari esok. Maka hari ini harus dikerjakan secara serius, jujur, bersih, dan penuh rasa tanggung jawab. 
Sebagian besar dari orang kelahiran mangsa ini, tampil sebagai pemimpin-pemimpin yang bijaksana, pembaru, dan menentang segala bentuk penindasan atas manusia. Kepemimpinannya berdasarkan kebijakan, bukan kekejaman. 
H: Itu harus sih buat aku rajin dan jujur itu kunci sukses yang halal kan, suka memimpin iya sih hehe, tapi emang nggak pd buat mencalonkan diri. Aku ngerasa aku bisa dan mungkin lebih baik dari yang lain.


KEADAAN FISIK
Orang yang terlahir pada mangsa "KAPITU" pada umumnya tubuhnya kurus dan tinggi, bentuk dadanya tidak bidang agak tipis (dada burung), wajahnya persegi, dengan bentuk dagu agak panjang, rambutnya hitam tebal dan kaku. Rambut alisnya tebal, begitu pula bulu matanya tampak hitam dan lebat, lehernya jenjang dan bermata bulat. 

H: Bukan mirip tapi emang cenderung ke aku, yang jelas banget alis ya, tebal bisa dilihat.


KEADAAN MASA KANAK-KANAK
Anak-anak yang terlahir pada mangsa ini pada umumnya mempunyai rasa cinta kasih terhadap kedua orang tuanya secara berlebihan. Dia sangat prihatin bila menyaksikan kesulitan-kesulitan yang dialami orang tuanya, dia ingin membantu untuk menyenangkannya. Maka anak mangsa ini tidak pernah menyulitkan orang tua dengan mengajukan permintaan yang mungkin akan membebani orang tua. Dia mau menerima apa adanya tanpa banyak menuntut. 

Sayangnya sebelum umur mencapai dewasa, anak mangsa ini sering menderita sakit. Lebih-lebih penyakit yang menjadi langganannya yakin penyakit panas dingin, influenza, bahkan batuk dan radang tenggorokan. 
Bidang olah raga, kurang diminatinya. Dia lebih senang menjadi penonton katimbang menjadi pemain. 
Masa kanak-kanaknya dilaluinya hanya dengan belajar, khususnya di sekolah. Karena masa anak-anak mangsa ini tidak tertarik terhadap kegiatan di luar belajar dan dia terlalu optimis terhadap kemampuan pribadi.
H: Ya aku akui aku gak pernah nuntut apa-apa, ortu sering bilang kalo bisa beli sendiri jangan minta itu lebih menyenangkan, dan aku juga harus lihat kondisi ortu aku, kalo dia mampu pasti apapun mereka berikan buat aku. Ya kalo sport emang gitu tapi aku juga suka kalo maen basket. Sakit sih seringnya radang ya, demam juga.
 


KEADAAN MASA REMAJA
Kebalikannya dengan apa yang dialaminya pada masa anak-anak. Setelah mencapai tingkat remaja, maka mulailah dia tampil dalam pergaulan yang luas. Sifatnya yang pemalu, tetapi ditopang sifat jujur dan berani berkorban, maka dia dapat tampil sebagai pemimpin. Sebenarnya dia sangat pemalu dan tidak mau bertanya serta tidak mau mengakui kesalahannya. Tetapi dia mempunyai sifat giat bekerja yang tidak akan berhenti sebelum pekerjaan itu tuntas. Hal itu yang menyebabkan kariernya gampang menanjak. 

H: Kalo dibilang pemalu sih sedikit ya, banyakan juga sekarang over PD. Tapi kalo bekerja dan gak akan berhenti kalo belum tuntas itu benar sih aku orang yang demikian.


Ada pula kelemahannya ialah dalam mengambil suatu keputusan. Benar-benar mengalami kesulitan kalau tidak ada seseorang yang mendampinginya karena dia selalu ragu-ragu dalam mengambil suatu keputusan. bahkan yang paling drastis lagi adalah sifatnya yang selalu mencurigai orang lain, walaupun masalahnya hanya kecil. Tetapi dalam soal janji, orang Kapitu dapat menepatinya. Begitu pula tentang prinsip, orang Kapitu berani berkorban untuk mempertahankan prinsipnya. Kalau ada seseorang yang menentang pendapatnya dengan kekerasan maka dia sanggup pula menghadapinya dengan kekerasan. Tetapi dia akan kalah bila lawannya lemah lembut dan membujuknya. 
H: Bener sih aku paling sulit ambil keputusan jadi bingung antara iya dan tidak kadang justru aku menyesal setelah aku ambil keputusan itu. Aku juga bakal memperlakukan orang seperti mereka memperlakukan saya.

Dalam bidang pekerjaan, orang kelahiran mangsa ini mempunyai semangat kerja yang tinggi. Dia berusaha untuk menyelesaikan pekerjaan sendiri ketimbang menyerahkan kepada orang lain yang belum tentu dapat selesai dengan baik. Tidak jarang pula dari kalangan orang kelahiran mangsa ini membuahkan hasil karya yang mengagumkan. Bahkan hasil karyanya dikagumi oleh dunia Intemasional. 

H: Iya hehe.. lebih mantep rasanya kalo dikerjain sendiri.

Mereka yang terlahir pada hari tersebut ada beberapa bidang pekerjaan yang cocok baginya. Sebagai pengusaha apotek, peternak, produser film, bahkan dapat juga sebagai pemain film atau aktor/aktris, bisa juga usaha dibidang real estate dan perkebunan. Tetapi yang paling cocok adalah sebagai Produser Film. 
H: Pengusaha sih cta-cita aku, kalo aktor aku suka, produser juga minat sih ke arah sana.

Hobinya antara lain :
1. Belajar atau membaca buku apa saja.
2. Bekerja keras untuk pekerjaan apa saja sampai sukses.
3. Sedikit mengagumi hasil karya seni.
4. Musik dan lagu yang bersifat pop atau hiburan.
5. Makanan yang pedas, walaupun untuk itu sering sakit perut.
6. Mengagumi panorama pegunungan, lembah dan cakrawala.
7. Penelitian ilmiah atau otodidak. H: Hampir bener semua hobinya yang jelas banget suka pedas ini aku meski kadang kepedesn tapi tetep suka. Yang lain juga memang aku sih yang kebanyakan ke seni dan alam.       


Oke nih kan udah dilihat tadi, Jamal DMY nanti ya soalnya waktunya juga terbata. Tapi nih ada tertulis di primbon  kawan yang dapat menjadi sahabat paling cocok adalah yang terlahir pada tanggal 26 Agustus - 18 September . Selain dari kelahiran tanggal tersebut masih ada juga yang cocok, walaupun tidak sebaik tanggal tersebut. Karena dengan tanggal tersebut dia dapat mengalah. Tetapi dengan yang lain kadang-kadang masih bertengkar, khususnya dalam membicarakan nilai prinsip.  Bagaimana nih menurut kalian? Jamal kan 27 Agustus dan kalian kan sahabat deket banget.
J: Gak nyangka ya bisa tepat gini. Ya pastinya baik sih kita berteman, secara udah lama banget kan.

H: Kalo masalah ngalah sih emang dia (Jamal DMY) sering ngalah, dia lebih dewasa dari aku makanya aku suka nganggep dia lebih tua aku suka anggep dia Hyung (orang tertua) kalo aku magnae (paling muda), tapi dia gak mau.
Banyak lah hal-hal yang ngebuktiin dia ngalahan, dan aku udah kayak adeknya.

J: Ya nggak lah, aku tetep yang pantes jadi adeknya kan tuaan kamu.

Hehe.. Tapi Jamal DMY kalo dilihat di primbon nih tidak senang menonjolkan diri dan sopan. Maka terpilihlah dia menjadi kawan tempat bertanya bagi remaja sebaya dengannya. Walau sebaya namun dituakan oleh kawan-kawannya. Bagaimana?
H: Nah bener kan selalu dituakan hehe.
J: Ya mungkin memang harusnya demikian hehe ya penting pada senang sih Alhamdulillah aja ya.


Jamal DMY rejekinya tidak begitu banyak dan tidak dapat berhemat karena sifatnya senang menolong dan membantu kebutuhan orang lain.Bahkan karena kelemahan hati, maka uang yang dibawanya akan diberikan kepada orang lain.Bagaimana?
J: Kalo orang lain mungkin lebih tepatnyakerabat ya masih saudara, aku emang suka habisin duit buat mereka, sekedar oleh-oleh mungkin, nih Hendy yang suka bawel bilang yang mahal ini itu, tapi aku tetep beliin yang endingnya aku pun gak beli apa-apa buat diriku.

Bagaimana sih kalian nanggapain Primbon setelah tau hal ini memang sebagian besar sama dengan apa yang kalian alami?
J: Kalo aku sih ya sekedar tahu sih gak mau percaya apapun itu percaya hanya sama Allah.
H: Gak beda jauh sih kalo aku lebih buat motivasi diambil sisi positif aja buat seru-seruan lah. Tapi aku juga menghormati adanya ramalan jawa. Bukan meremehkan toh itu bener dan juga gak yang takluk sama ramalan sih.

Ada pesan gak nih buat sahabat DMY setelah kita membahas tentang primbon salah satu saja siapa? Silahkan!
J: Buat Sahabat DMY apapun bentuk ramalan itu kan yang bikin manusia, jadi gak seutuhnya bener mungkin beberapa memang bener. Yang bisa dipetik kalo habis baca ramalan apapun itu ya buat sekedar tahua ja kan takutnya musrik ya. Kalo ramalan kepribadian sih kembali ke diri kalian. 

Oke, seu kan bahasan tentang primbon dan kali ini juga ada tamu spesial yang udah gabung di program DIBALIK LAYAR, buat kalian yang mau kritik dan saran atau ide tema program DIBALIK LAYAR bisa langsung tulis di komen DMY-OFFICIAL. (MN/Fandy/Hudoyo)
Share this article :

0 comments:

Post a Comment

 
Support : FACEBOOK | TWITTER | INSTAGRAM
Copyright © 2008-2016. DMY OFFICIAL - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by DMY OFFICIAL
Proudly powered by Blogger